SOAL
- What
is object-oriented analysis, and what are some advantages of using this
technique?
- Define
an object, and give an example?
- Define
an attribute, and give an example?
- Define
an method, and give an example?
- Define
encapsulation, and explain the benefits it provides?
- Define
polymorphism, and give an example?
- Define
a class, subclass, and superclass, and give examples?
- Search
the internet for information about the history and development of UML
- Search
the internet for information about groups and organizations that support
and discuss object-oriented methods and issues?
- Search
the internet for information about CASE tools that provide UML support?
Jawab
:
- Apa
yang dimaksud analisis berorientasi objek, dan apa keuntungan menggunakan
teknik ini? Analisa dan perancangan berorientasi objek adalah cara
baru dalam memikikan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat
menurut konsep kelitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek, yang
merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas.
Model berorientasi objek bermanfaat untuk memahami maslah, komunikasi
dengan ahli aplikasi, pemodelan suatu organisasi, menyiapkan dokumentasi
serta perancangan program dan basis data. Keuntungan menggunakan teknik
ini: pewarisan dapat memberikan identifikasi sesuatu yang umum pada
atribut dan metode penggambaran yang konsisten dari system pada tahap
analisis dan desain hasil analisis dapat digunakan kembali mengurangi jarak
antara aktivitas analisis yang berbeda dengan membuat atribut dan metode
menjadi satu kesatuan menangani lebih banyak problem domain. Analisis
berorientasi objek memberikan kemudahan untuk memahami inti permasalahan
menjaga stabilitas atas perubahan kebutuhan pada system yang sama.
- Definisikan
obyek, dan berikan contoh? Objek adalah segala sesuatu yang ada di
dunia nyata yang mempunyai nilai tertentu. Objek dapat bersifat kongkrit,
setiap objek mempunyai sifat yang melekat pada identitasnya. Dalam
software analysis & design, objek adalah sesuatu berupa konsep
(concept), benda (thing), dan sesuatu yang membedakannya dengan
lingkungannya. Sebuah objek adalah sebuah entitas yang mencakup data dan
metode. Contoh: manusia, mobil, table, database, event.
- Definisikan
atribut, dan berikan contoh? Atribut adalah data item yang menegaskan
objek. Atribut menggambarkan data yang dapat memberikan informasi mengenai
kelas atau objek dimana atribut tersebut berada Contoh: umur, jenis
kelamin, warna, bahan bakar.
- Definisikan
metode, dan berikan contoh? Metode adalah pelaksanaan prosedur (bahan dari
kode yang mengeksekusi respon terhadap permintaan objek lain di dalam
sistem). Metode adalah subprogram yang tergabung dalam obyek bersama-sama
dengan atribut. Metode digunakan untuk pengaksesan terhadap data yang
terdapat dalam obyek tersebut. Contoh: tampil teks, tampil peta, tampil
foto.
- Definisikan
enkapsulasi, dan jelaskan manfaat yang menyediakannya? Encapsulation atau
pengkapsulan merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program
terhadap data yang diproses. Manfaat menyediakannya : Data dan prosedur
atau fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu objek, sehingga prosedur atau
fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya. Data terlindung dari
prosedur atau objek lain, kecuali prosedur yang berada dalam objek itu
sendiri.
- Definisikan
polimorfisme, dan berikan contoh? Polymorphism adalah konsep yang
menyatakan bahwa suatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku
bebeda. Dapat diartikan bahwa operasi yang sama mungkin mempunyai pebedaan
dalam kelas yang berbeda. Contoh: dalam menginputkan data pasien, dapat
dibuat dengan menggunakan table patient dan appointment.
- Definisikan
kelas, subclass, dan superclass, dan berikan contoh? Kelas
(kelas-&-objek) merupakan gambaran sekumpulan objek yang terbagi dalam
atribut, operasi, metode, hubungan dan makna yang sama. Kelas
merupakan satu atau lebih objek dengan persamaan atribut dan
metode. Contoh: dokumen Subclass merupakan subset dari suatu entitas
yang dikelompokkan dalam pengertian yang perlu disajikan secara
eksplisit. Contoh: entitas pegawai mempunyai beberapa subclass
seperti sekretais, teknisi, sales Superclass merupakan entitas yang
meruakan induk dari subclass-subclassnya. Contoh: subclass
sekretaris, teknisi, sales mempunyai superclass pegawai.
- Cari
di internet untuk informasi tentang sejarah dan perkembangan UML: th
1994. Munculnya tokoh pelopor (Booch, Rumbough dan Jacobson), th
1995. Di-release draft pertama UML (versi 0.8), th 1996.
Pengkoordinasian oleh Object Management Group (OMG), th 1997.
Munculnya UML (versi 1.1), th 1999. Penyusunan 3 buku UML oleh
(Booch, Rumbough dan Jacobson), th 1999. UML menjadi standar bahasa
permodelan berorientasi objek, th 2003. Di-release UML versi
1.5, th 2004. Di-release UML versi 2.0 (masih dalam
pengembangan), Cari internet untuk informasi tentang kelompok dan
organisasi yang mendukung dan mendiskusikan berorientasi objek metode dan
isu-isu
- OMG
has been an international, open membership, not-for-profit computer
industry consotium since 1989. any organization may join OMG and
participate in our standards-setting process. our
one-organization-one-vote policy ensures that every organization, large
and small, has a effective voice in our process. our membership includes
hundreds of oganization, with half being software and-users in over two
dozen vertical markets, and the other half representing virtually every
large organization in the computer industry and many smaller ones. most of
the organizations that shape enterprise and internet computing tday are
represented on our Board of Directors.
- Cari
internet untuk informasi tentang alat CASE yang memberikan dukungan
UML. Use case diagram digunakan untuk memodelkan
bisnis, proses berdasarkan perspektif pengguna sistem. Use case
diagram terdiri atas diagram untuk use case dan actor. Actormerepresentasikan
orang yang akan mengoperasikan atau orang yang berinteraksi dengan
sistem aplikasi Use case merepresentasikan operasi-operasi yang
dilakukan oleh actor. Use case digambarkan
berbentuk elips dengan nama operasi dituliskan di
dalamnya. Actor yang melakukan operasi dihubungkan dengan
garis lurus ke use case. Model ini berfungsi untuk menggambarkan
system design outside user (pemakai luar) yang disebut actor.
Mendeskripsikan fungsionalitas sistem yang seharusnya dilakukan sesuai
dengan yang diinginkan external actors. Actor yang berinteraksi dengan
sistem dapat berupa user atau sistem lainnya. View ini digambarkan dalam
use case diagrams dan kadang-kadang dengan activity diagrams. View ini
digunakan terutama untuk pelanggan, perancang (designer), pengembang
(developer), dan penguji sistem (tester). Diagram use case digunakan untuk
menggambarkan hubungan transaksi antara sistem dan end user, selain itu
diagram use case dapat diartikan sebagai gambaran actor dengan kumpulan
use case yang menyertakan batasan sistem, kumpulan komunikasi antara actor
dan use case dan generalisasi diaram use case (Bahrami, 1999). StarUML
adalah sebuah proyek open source untuk pengembangan secara cepat,
fleksibel, extensible, featureful, dan bebas teersedia UML / platform MDA
berjalan pada platform Win32. Tujuan dari proyek Star UML adalah untuk
membangun sebuah alat pemodelan perangkat lunak dan juga platform yang
menarik adalah pengganti alat UML komersial seperti Rational Rose, bersama
dsb. Star UML merupakan software permodelan yang mendukung UML
(Unfield Modelling Language). berdasarkan pada UML version 1.4 dan
dilengkapi 11
Tidak ada komentar:
Posting Komentar